Travelling

Orang yang terinfeksi HIV dapat bepergian jika kesehatan mereka memungkinkan. Penting untuk menjaga praktik kebersihan yang baik di negara lain.

  • Ketahui kebijakan HIV di negara tujuan. Beberapa negara mungkin mengharuskan pengunjung atau pekerja asing untuk melakukan tes antibodi HIV. Hubungi kedutaan atau kantor konsulat terkait untuk mendapatkan informasi terkait HIV.
  • Cari informasi tentang larangan perjalanan terkait HIV yang mengandung informasi yang mungkin berguna sebagai referensi.
  • Vaksin sangat penting untuk orang yang terinfeksi HIV, silakan berkonsultasi dengan doktermu jika kamu memiliki pertanyaan tentang imunisasi.
  • Bawa obat secukupnya untuk perjalananmu. Mintalah dokter untuk membuat surat yang menyatakan bahwa itu adalah resep obat untuk penggunaan pribadi.
  • Bersihkan bahan makanan dan masak makanan sampai matang sebelum dikonsumsi. Hindari makanan mentah dan air yang tidak direbus.
  • Hindari menyentuh hewan liar atau hewan yang berkeliaran di jalan.

 

Untuk melihat sekilas negara mana saja yang memperbolehkan ODHA berkunjung, silahkan klik infografik dari UNAIDS berikut ini:

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Gimana, #SahabatOBS sudah pusing belum? Jangan pusing duluan, ayo pelajari hal lainnya: