Apa itu U=U ?

author

Belakangan ini ramai berita di dunia medis mengenai U=U, apa itu? Secara sekilas mirip dengan emoticon ya #SahabatOBS, namun ini adalah singkatan dari Undetectable=Untransmittable alias Tak Terdeteksi = Tak Menularkan.

Fakta bahwa orang yang hidup dengan HIV (ODHA) yang kondisi virusnya telah ditekan (dengan pengobatan ARV yang teratur) sampai ke level tidak terdeteksi, tidak  menularkan HIV melalui kontak seksual ke pasangannya. Hal ini diakui di komunitas HIV setelah pengumpulan bukti-bukti sejak tahun 2000-an. Pada awal 2016 yang lalu, slogan U=U diluncurkan oleh the Prevention Access Campaign. Kampanye ini diakui oleh lebih dari 400 organisasi dari 60 negara. Bahkan pada Oktober 2017 yang lalu, the US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) ikut bergabung dalam kampanye U=U tersebut.

Bukti-bukti mengenai keefektifan dari ditekannya virus HIV dalam menahan penularan adalah jelas. tiga buah penelitian besar mengenai penularan HIV secara seksual dilakukan dengan melibatkan ribuan pasangan serodiskordan (pasangan yang satunya HIV positif dan satunya negatif), penelitian ini dilakukan antara tahun 2007 sampai 2016. Dari penelitian ini, tak satupun dari pasangan yang negatif menjadi tertular HIV melalui aktifitas seksual yang dilakukan.

Lalu uji coba The HPTN 052, studi terbesar yang pernah dilakukan, mengamati 1763 pasangan serodiskordan (baik heteroseksual maupun homoseksual) dari 9 negara. Di akhir masa studi, terdapat total 78 orang yang tadinya negatif menjadi tertular HIV, namun karena kondisi pasangannya belum mencapai tahap tak terdeteksi virusnya.

The PARTNER study, yang dipublikasikan pada Juli 2016 lalu, juga menghasilkan kesimpulan yang sama. Studi ini melibatkan 1166 pasangan serodiskordan dari 14 negara di Eropa.

Fakta bahwa pengobatan HIV dapat membantu ODHA mencapai hidup yang lebih sehat, dan mampu mencegah penularan HIV ke pasangan seksual mereka, selama ODHA mematuhi penggunaan ARV secara efektif. Walaupun banyak kisah sukses telah dilakukan melalui berbagai penelitian, namun masih belum mampu mengerem stigma buruk dari masyarakat.

Sebelum adanya solgan U=U, pada tahun 2010 telah muncul slogan treatment as prevention. Namun slogan ini kurang berhasil dikampanyekan. The CDC telah secara resmi mendukung kampanye U=U sebagai pesan penting dalam pencegahan HIV.

U=U adalah kampanye yang simpel namun memegang peran yang sangat penting, karena dilatari oleh penelitian ilmiah. Bahwa ODHA yang melakukan terapi ARV hingga kadar virusnya dapat ditekan, dia dapat hidup sehat, dapat mempunyai keturunan yang bebas HIV, dan tidak menularkan HIV ke pasangan seksualnya. Kejelasan pesan ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan manfaat dari pengobatan HIV, membawa komunitas terdampak HIV selangkah ke depan mendekati target UNAIDS  90-90-90 pada tahun 2020 dan menghapus total stigma dan diskriminasi yang dialami oleh ODHA baik di masyarakat maupun di tempat kerjanya.

Disadur dari:

Also Read

Tags

Leave a Comment