Ayo Minum ARV!

author

ayo minum ARV

Sahabat OBS, tahukah kamu.. ARV atau Anti Retro Viral adalah sebuah obat yg mampu menekan perkembangan HIV dalam tubuh. Jadi ARV itu terdiri dr beberapa golongan dibedakan berdasarkan cara kerja. Ada NRTI, NNRTI, PI. Secara umum di Indonesia yang digunakan adalah kombinasi NRTI dan NNRTI. Jenis NRTI yang lazim di Indonesia: Zidovudine+lamivudine biasanya dikenal dengan nama dagang Duviral. Ini daftar lengkap obat tipe NRTI. Untuk kombinasi NNRTI bisa dilihat di link ini.

 

Dengan konsumsi obat ARV, tingkat HIV dalam tubuh bisa ditekan sampai rendah. ODHA jadi sehat kembali. Di tingkat HIV tidak terdeteksi dalam tubuh, potensi ODHA untuk menularkan virus menjadi hampir tidak ada, (dapat dikatakan UNDETECT=TIDAK MENULARKAN). Jadi, pengobatan ARV pada ODHA sama dengan Pencegahan HIV pada masyarakat. Saat ini, ada sekitar 50 ribu ODHA yang sedang menjalani terapi. Berapa harga ARV? gratis krn disubsidi pemerintah. Obat ARV bisa didapatkan di rumah sakit terdekat. Butuh info lokasinya? kunjungi http://www.aidsdigital.net.

Saat ini, angka konsumsi ARV baru sekitar 30% dr total ODHA di Indonesia. Jadi masih banyak ODHA yg belum mulai terapi ARV. Jadi kalo tahu saudara, kenalan, temanmu terinfeksi HIV, segera sarankan untuk memulai terapi ARV. Jangan ditunda-tunda memulai terapi ARV. Lebih cepet, kita bisa lebih sehat Ayo Minum ARV! #AyoMinumARV

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.