10 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan dari Aktifitas Seks

author

Seks masih tabu untuk dibicarakan di Indonesia, itulah mengapa akhirnya masyarakat kita melakukannya secara diam-diam. Tau ngga #SahabatOBS ternyata aktifitas seksual bermanfaat bagi kesehatan kita, terutama buat orang dengan HIV?

1. Membantu Mempertahankan Sistem Kekebalan Tubuh
“Orang yang aktif secara seksual hanya mengalami lebih sedikit hari sakit,” kata Yvonne K. Fulbright, PhD, ahli kesehatan seksual.

Orang yang melakukan aktifitas seks memiliki tingkat daya tahan tubuh yang lebih tinggi yang membela tubuh kamu terhadap kuman, virus, dan penyusup lainnya. Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa mahasiswa yang pernah berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang jarang berhubungan seks.

Kamu harus tetap melakukan semua hal lain yang membuat sistem kekebalan tubuh kamu terjaga, seperti:

  • Makan dengan benar.
  • Tetap aktif bergerak.
  • Tidur yang cukup.
  • Lakukan vaksinasi secara teratur
  • Gunakan kondom agar terhindar dari penyakit menular.

2. Meningkatkan Libido
Merindukan kehidupan seks yang lebih hidup? Pasutri yang telah lama menikah biasanya kehidupan seksnya meredup. “Berhubungan seks akan membuat seks lebih baik dan akan meningkatkan libido kalian,” kata Lauren Streicher, MD. Dia adalah asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Sekolah Kedokteran Feinberg di Northwestern University di Chicago.

Bagi perempuan, berhubungan seks membantu dalam pelumasan vagina, memperlancar aliran darah, dan elastisitas vagina, katanya, semua itu membuat seks terasa lebih baik.

3. Meningkatkan Kontrol Kandung Kemih Perempuan
Diafragma panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia, sesuatu yang akan mempengaruhi sekitar 30% perempuan di suatu titik dalam kehidupan mereka.
Seks yang baik seperti latihan untuk otot-otot dasar panggul kalian. Ketika kita mengalami orgasme, hal itu menyebabkan kontraksi pada otot-otot itu, yang memperkuat mereka.

4. Menurunkan Tekanan Darah Kamu
Penelitian menunjukkan hubungan antara seks dan tekanan darah yang lebih rendah, kata Joseph J. Pinzone, MD. Dia adalah CEO dan direktur medis dari Amai Wellness.
“Ada banyak penelitian,” katanya. “Satu studi penting menemukan bahwa hubungan seksual (bukan masturbasi) secara khusus menurunkan tekanan darah sistolik.” Itu angka pertama pada tes tekanan darah kita.

5. Dihitung sebagai Latihan Fisik
“Seks adalah bentuk olahraga yang sangat hebat,” kata Pinzone. Aktifitas seks tidak akan menggantikan peran treadmill, tetapi tetap berarti sesuatu.
Seks menggunakan sekitar lima kalori per menit, empat kalori lebih banyak daripada menonton TV. Hal ini memberi kita satu-dua hal: Aktifitas seks meningkatkan denyut jantung kita dan menggunakan berbagai macam otot.
Jadi sibuklah! Kamu bahkan mungkin ingin meluangkan jadwal untuk waktu melakukan hal itu secara teratur. “Seperti dengan latihan, konsistensi dalam berhubungan seks membantu memaksimalkan manfaatnya,” kata Pinzone.

6. Menurunkan Resiko Serangan Jantung
Kehidupan seks yang baik adalah baik untuk kesehatan jantung. Selain menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung, seks membantu menjaga kadar estrogen dan testosteron seimbang. “Ketika salah satu dari hormon itu rendah, kamu mulai mendapatkan banyak masalah, seperti osteoporosis dan bahkan penyakit jantung,” kata Pinzone. Berhubungan seks lebih sering dapat membantu hal tersebut. Selama satu penelitian, pria yang melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu separuh kemungkinan meninggal karena penyakit jantung dibandingkan pria yang jarang berhubungan seks.

7. Mengurangi Rasa Sakit
Sebelum kamu meraih aspirin, cobalah untuk mencapai orgasme. “Orgasme dapat memblokir rasa sakit,” kata Barry R. Komisaruk, PhD, seorang profesor layanan terkemuka di Rutgers, Universitas Negeri New Jersey. Orgasme melepaskan hormon yang membantu meningkatkan ambang rasa sakit kita. Stimulasi tanpa orgasme juga bisa melakukan trik ini. “Kami telah menemukan bahwa rangsangan vagina dapat memblokir sakit punggung dan kaki kronis, dan banyak perempuan mengatakan kepada kami bahwa stimulasi genital dapat mengurangi kram menstruasi, nyeri artritis, dan dalam beberapa kasus bahkan sakit kepala,” kata Komisaruk.

8. Dapat Mencegah Kanker Prostat
Kegiatan seksual dapat membantu menangkal kanker prostat. Pria yang sering berejakulasi (setidaknya 21 kali sebulan) lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat dalam satu penelitian, yang dipublikasikan di Journal of American Medical Association. Kamu tidak perlu pasangan untuk mendapatkan manfaat ini: Hubungan seksual, mimpi basah, dan masturbasi adalah sama saja. Seks bukanlah satu-satunya alasan yang penting dalam penelitian itu. Banyak faktor yang mempengaruhi risiko kanker prostat. Tetapi melakukan lebih banyak kegiatan seks tidak ada ruginya.

9. Memperbaiki Tidur
Kamu dapat tertidur lebih cepat setelah berhubungan seks, dan untuk alasan yang baik. “Setelah orgasme, hormon prolaktin dilepaskan, yang bertanggung jawab untuk perasaan relaksasi dan kantuk”, kata Sheenie Ambardar, MD. Dia adalah seorang psikiater di West Hollywood, California.

10. Meredakan Stres
Menjadi dekat dengan pasangan kamu dapat meredakan stres dan kecemasan. Ambardar mengatakan bahwa sentuhan dan pelukan dapat melepaskan “hormon perasaan-baik” alami tubuh kita. Rangsangan seksual melepaskan zat kimia otak yang membangkitkan perasaan bahagia dan sistem penghargaan di otak kita.

Seks dan keintiman dapat meningkatkan harga diri dan kebahagiaan kita, kata Ambardar. Itu bukan hanya resep untuk hidup sehat, tetapi juga bahagia.

Sumber:

Also Read

Tags

Leave a Comment