Pencegahan TB pada Orang dengan HIV

author

TB (Tuberkulosis) adalah penyakit yang sering membuat Orang dengan HIV (ODHA) meninggal, apalagi karena banyak ODHA yang terlambat mengetahui statusnya dan berakibat terlambat melakukan pengobatan ARV. Dimana ODHA yang terlambat menjalani terapi ARV akhirnya meninggal karena penakit-penyakit oportunistik yang menyerang karena kondisi daya tahan tubuh pasien sudah terlalu rusak.

Bagi ODHA yang kuatir terkena TB, dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi Isoniazid (INH). (Baca juga: HIV Temenan Sama TB?)

Apa itu Isoniazid?

Isoniazid adalah obat anti bacterial yang telah disetujui oleh Food and Drug Administration (BPOM-nya Amerika) untuk mencegah tuberculosis (TB). TB merupakan salah satu infeksi oportunistik pada HIV. Infeksi oportunnistik (IO) adalah penyakit yang lebih banyak menyerang manusia dengan imun yang melemah, misalnya pada ODHA.  (Baca juga: Komplikasi terkait HIV)

Isoniazid dapat membantu ODHA:

  • Terhindar dari terinfeksi bakteri Tuberkulosis
  • Terhindar dari TB Laten berkembang menjadi TB Aktif

(Baca juga: Bahaya Tuberculosis Pada Pengidap HIV)

Apa yang Harus Aku Katakan pada Layanan Kesehatan Sebelum Mengakses Isoniazid?

  • Jika kamu alergi pada beberapa jenis obat, terutama isoniazid.
  • Jika kamu mengalami kondisi penyakit misalnya diabetes atau liver.
  • Jika kamu mengalami kesulitan menelan obat, atau suka lupa jadwal minum obat.
  • Jika kamu sedang hamil atau berencana untuk hamil.
  • Jika kamu sedang menyusui atau berencana untuk menyusui.
  • Jika kamu sedang mengkonsumsi herbal atau jamu atau multivitamin.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi isoniazid?
Konsumsilah isoniazid sesuai dengan yang diresepkan oleh layanan kesehatanmu, karena jika kamu bolong-bolong justru akan meningkatkan resiko bakteri akan menjadi resisten terhadap isoniazid.

Sebelum mengkonsumsi isoniazid (INH), pastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak mengidap TB Aktif, karena justru dapat membuat bakteri TB dapat menjadi kebal. Jika kamu ternyata telah menderita TB Aktif, segera lakukan pengobatan dengan OAT (Obat Anti TB). (Baca juga: IRIS: Tantangan dalam Memulai Pengobatan HIV)

Sumber:

 

 

Also Read

Tags

Leave a Comment